17 FILM TENTANG HACKER DAN DARK WEB TERBAIK

Semakin berkembangnya teknologi, terutama Internet, aksi kejahatan sekarang tak hanya banyak terjadi di dunia nyata, tetapi juga di dunia yang tak kasat mata. Telah banyak kasus kejahatan yang menimpa berbagai negara karena ulah para hacker. Tak jarang pula dari para hacker tersebut yang tertangkap basah ketika melakukan aksinya dan berakhir dengan menebus kesalahannya di dalam penjara.
Meskipun demikian, tak bisa disangkal kalau aksi yang mereka lakukan memang keren. Hal itu menjadi buah perhatian bagi para pembuat film di berbagai negara, terutama Hollywood. Seperti berikut, IT Sekolah telah merangkum beberapa judul yang mengangkat tema tersebut ke dalam daftar film tentang hacker terbaik yang pernah ada di sepanjang sejarah perfilman. Apa saja?

1. The Matrix (1999)

16 Film Tentang Hacker Terbaik Paling Seru dan Keren Film
Film rekomendasi Oliswel yang pertama adalah The Matrix, film bergenre fiksi ilmiah yang disutradarai oleh Andy Wachowski dan Lana Wachowski ini mampu menjadi salah satu film terbaik karena hal ini ditandai dengan 4 penghargaan Oscar yang didapatkan The Matrix. Film hacker terkenal yang dirilis tahun 1999 ini mengisahkan seorang hacker yang berusaha membebaskan umat manusia dari kehidupan semu yang dipengaruhi mesin.
Thomas Anderson sebagai tokoh utama yang memiliki nama samaran Neo bergabung bersama pasukan Morpheus yang memberontak dan ingin menghancurkan sistem The Matrix tersebut dengan segala upaya. Mampukah Neo bersama timnya membebaskan umat manusia dari pengaruh The Matrix?

2. Who Am I (2014)

16 Film Tentang Hacker Terbaik Paling Seru dan Keren Film
Who Am I: No System Is Safe merupakan film bertema hacker yang patut Anda tonton. Film yang diproduksi di Jerman ini dibintangi oleh Tom Schiling, Elyas M’Barek, dan Wotan Wilke yang tergabung dalam sebuah organisasi hacker paling diburu di dunia karena keahlian para anggotanya.
Benjamin (Tom Schiling) awalnya berperan sebagai seorang remaja yang sering dikucilkan dan diganggu oleh teman-teman sekolahnya. Kehidupan Benjamin kemudian berubah semenjak bertemu dengan Max (Elyas M’Braek) dan Stephan (Wotan Wilke) yang membutuhkan kemampuan Benjamin untuk meretas situs terkenal dunia dan diajak bergabung bersama CLAY. Akhirnya CLAY menjadi kelompok hacker paling rahasia dan paling dicari Europe Interpol. Pertempuran di dunia cyber antara sesama hacker harus melibatkan mereka dalam masalah yang begitu rumit, terutama dalam pelacakan sosok bernama Mr. X.

3. 23 (1998)

Film hacker paling keren yang diproduksi oleh Jacob Clau dan Thomas W. ini mengambil latar belakang dari kisah nyata yang dialami oleh seorang hacker muda bernama Karl Korch yang meninggal secara misterius dan dianggap bunuh diri pada tahun 1989. Film mengenai hacker asal Jerman ini mengisahkan sepak terjang Karl Korch sebagai peretas muda yang masih berusia 19 tahun yang memperhatikan kekacauan dunia masa perang dingin.
Bersama temannya, Karl menemukan latar belakang kekuasaan politik dan ekonomi di dunia yang akhirnya membuat mereka percaya ada sebuah teori konspirasi yang terjadi di dunia dan mereka ingin menegakkan keadilan dengan cara meretas situs-situs jaringan di dunia dengan cara memata-matai aktivitas KGB. Akankah Karl dan rekannya mampu berjuang untuk menegakkan keadilan yang telah sirna itu?

4. Live Free or Die Hard (2007)

16 Film Tentang Hacker Terbaik Paling Seru dan Keren Film
Siapa yang tak kenal dengan film hacker action Die Hard? Dalam sekuel keempatnya ini, Len Wiseman yang bertindak sebagai sutradara menghadirkan Bruce Willis sebagai tokoh utamanya. Film yang rilis tahun 2007 yang lalu ini masih menjadi salah satu film bernuansa hacker yang sangat digemari. Kisah dalam film yang menceritakan hacker ini bermula saat Thomas Gabriel (Timothy Olyphant) yang merasa dibuang saat bertugas di NSA karena karyanya yang tidak dihargai.
Sejak saat itu, Thomas merekrut hacker profesional dan bertujuan melumpuhkan semua jaringan komputer yang ada di seluruh Amerika Serikat. Sialnya, Mat Farrel (Justin Long) sebagai salah satu bawahannya malah membelot dan justru membantu John McClane (Bruce Willis) dan FBI dalam melakukan penangkap kepada pemimpinnya yang tak lain adalah Thomas Gabriel.

5. WarGames (1983)

16 Film Tentang Hacker Terbaik Paling Seru dan Keren Film
Walaupun sudah rilis sangat lama namun Oliswel tetap rekomendasikan film hacker paling bagus ini untuk Anda tonton karena mempunyai cerita yang sangat sayang untuk dilewatkan. Selain menghadirkan ketegangan dan kemampuan hacking yang mumpuni, film ini juga memadukan humor yang lucu dan juga seru. Bergenre fiksi ilmiah, film hacker game ini mengisahkan seorang ahli retas yang masih muda bernama David Lightman yang gemar bermain video game.
Ketika sedang asyik bermian game, secara tak sengaja David ternyata telah meretas program militer yang mampu memprediksi akhir perang dingin dan yang menandakan awal perang dunia ke-3. Bersama kekasihnya, David mencoba untuk memberitahu pemerintah tentang hal tersebut demi menjaga perdamaian dunia yang baru saja tercipta.

6. Cyberbully (2015)

Hasil gambar untuk cyberbully film

Cyberbully merupakan film garapan Ben Chanan yang rilis pada tahun 2015 lalu. Film yang berdurasi sekitar 62 menit ini merupakan sebuah gambaran nyata dari kenakalan remaja yang semakin marak terjadi. Film yang dibintangi oleh Maisie Williams ini bercerita tentang Megan yang ingin membela sahabatnya, Casey, karena komentar yang dilontarkan mantannya.
Megan meminta bantuan Alex sebagai seorang hacker namun Alex tidak mau. Tak lama ketika melancarkan upayanya untuk menolong Casey, Megan mendapat sebuah alamat situs yang bisa meretas akun Nathan yang ternyata alamat situs tersebut dikirim oleh seorang hacker yang menyukainya. Cerita semakin seru saat hacker yang terkesan psikopat itu mengancam Megan jika menolak sesuatu yang dia inginkan.

7. Swordfish (2001)

16 Film Tentang Hacker Terbaik Paling Seru dan Keren Film
Swordfish merupakan film tentang hacker komputer yang bisa dibilang paling menegangkan dan juga mengesankan. Dominic Sena yang ditunjuk sebagai sutradara dalam film hacker paling populer ini mampu menggambarkan cerita yang ditulis oleh Skip Wood dengan begitu baik. Film yang rilis di tahun 2001 ini dibintangi oleh aktor film dance terbaik John Travolta serta ditemani oleh aktor ternama Hugh Jackman dan seorang aktris bernama Halle Bery.
Sebagai seorang hacker yang handal, Stanley (Hugh Jackman) pernah mengalami masa sulit akibat meretas situs-situs pemerintah. Sebagai gantinya, dia harus menelan dua pil pahit sekaligus. Pertama, dia harus mendekap di balik jeruji besi sebagai ganjaran dari perbuatannya. Kedua, dia ditinggalkan oleh istri dan anaknya ketika dia sedang dipenjara. Suatu ketika, Ginger (Halle Bery) datang dan menawarkan pekerjaan besar yang dikepalai oleh Gabriel Shear (John Travolta). Berbagai kejutan akan mulai tampak ketika Stanley beraksi dengan keahliannya.

8. Takedown (2000)

16 Film Tentang Hacker Terbaik Paling Seru dan Keren Film
Ditulis oleh Shutomo Shimamura, Takedown merupakan film hacker kisah nyata dari salah seseorang yang namanya cukup melegenda yaitu Kevin Mitnick. Kevin sendiri mempunyai kemampuan yang begitu luar biasa dalam urusan retas-meretas dan susup-menyusup ke dalam sistem komputer seseorang sehingga dampak dari perbuatannya tersebut jadilah dia sebagai seorang buronan FBI paling dicari.
Tak hanya dalam urusan meretas, Kevin juga pandai soal meloloskan diri. Permasalahannya, Kevin telah melakukan satu kesalahan besar. Suatu ketika, Kevin mencoba meretas sistem supermarket yang ternyata dijaga oleh seorang hacker handal dari Jepang, Shutomo Shimamura. Tentunya, dengan hadirnya sosok virtual Kevin ke dalam sistem, perang hacker antara Kevin dan Shutomo pun tak bisa terhindarkan. Mereka saling meretas dan menyusup ke sistem masing-masing hingga akhirnya Shimamura(-lah yang menang) dan FBI berhasil membekuk Kevin setelah berkali-kali mengalami kegagalan.

9. Hackers (1995)

16 Film Tentang Hacker Terbaik Paling Seru dan Keren Film
Dimotori oleh Ian, Hackers menjadi film hacker Amerika yang tak hanya memasukkan unsur kriminal di dunia yang tak tampak. Pada film ini, Ian juga menyatukan unsur lain seperti drama dan komedi. Jonny Lee Miller yang dipinta sebagai peran utama dengan memerankan tokoh ahli retas bernama Dude Murphy sempat menghebohkan bursa keuangan Amerika. dan akhirnya ia harus menjalani hukuman agar tidak menggunakan komputer hingga berusia 18 tahun.
Namun setelah masa hukumannya habis, Dude kembali beraksi dengan bantuan teman dan tingkat kejahatan yang lebih besar. Tujuan dari aksi yang hendak dilakukannya ini adalah untuk membersihkan namanya dari fitnah seorang hacker senior yang memanfaatkan masa kelam yang pernah dialami oleh Dude.

10. The Girl with The Dragon Tattoo (2011)

16 Film Tentang Hacker Terbaik Paling Seru dan Keren Film
The Girl with The Dragon Tattoo merupakan salah satu film tentang hacker yang cukup fenomenal di zamannya. Cerita pada film ini diilhami oleh novel milik Stieg Larsson. Film yang memakan waktu produksi yang cukup lama ini disutradarai oleh David Fincher dengan memanggil dua tokoh utamanya, Daniel Craig dan Rooney Mara.
Ceritanya berkisah tentang perjuangan seorang Mikael Blomkvist yang menjadi seorang jurnalis yang sedang terlibat menangani kasus hilangnya seorang anak 40 tahun yang lalu. Ia dibantu oleh Lisbeth Salander, seorang hacker wanita handal yang menjadi rekannya. Dalam pelaksanaannya ternyata tidak mudah karena mereka menemui hal-hal yang misterius sehingga kasus yang sedang diusut menjadi molor dan semakin sulit untuk dipecahkan.

11. Blackhat (2015)

16 Film Tentang Hacker Terbaik Paling Seru dan Keren Film
Tepat pada 16 Januari 2015, rilis sebuah film tentang hacker jenius yang diproduksi oleh Universal Pictures dengan membopong tajuk Blackhat. Bintang yang mengisi tokoh utama pada Blackhat adalah aktor kebangsaan Australia, Chris Hemsworth, yang sebelumnya pernah berperan dalam sebuah film superhero Marvell, yakni Thor. Peran Chris di Blackhat ialah sebagai sosok jenius yang ahli dalam melakukan aksi meretas komputer. Dia ditugasi untuk melacak pelaku kejahatan internet yang mengancam suatu negara.
Diceritakan kala itu Chris Hemsworth yang memerankan tokoh Nicholas Hathaway sedang bekerja sama dengan agen dari China. Nicholas sendiri merupakan narapidana jenius MIT asal Amerika Serikat, dia bekerja sama dengan seorang agen dari China untuk membantu pemerintah memburu hacker misterius yang menyebabkan krisis reaktor nuklir di China. Dalam “pengejarannya”, mereka harus singgah ke berbagai kota dan negara, seperti Chicago, Los Angeles, Hong Kong, dan bahkan Jakarta. Selama perburuan, tak jarang mereka dihadapi dengan berbagai kejadian yang mengancam keselamatan mereka.

12. The Throwaways (2015)

16 Film Tentang Hacker Terbaik Paling Seru dan Keren Film
The Throwaways memang belum layak dianggap sebagai film tentang hacker terbaik. Meski begitu, sebagai seorang pecinta “ilmu hitam” dalam urusan komputerisasi, patutlah kita memasukkan The Throwaways ke dalam daftar film hacker barat favorit kita. Film tentang kejahatan hacker yang dimotori oleh Tony Bui dengan menarasikan hasil tulis Don Handfield dan Michael Ross ini berpusat pada seorang ahli retas bernama Drew Reynolds.
Drew Reynolds kala itu tengah dijatuhi sebuah pilihan setelah tertangkap oleh CIA. Dia harus memilih apakah ingin bekerja membantu agen CIA atau menghabiskan sisa hidupnya dengan mendekam di dalam penjara. Dengan pikiran tak ingin menjadi narapidana seumur hidupnya, Reynolds lebih memilih untuk membantu dan dia langsung membentuk sebuah tim bernama Throwaways, sebuah tim yang berisikan orang-orang yang dianggap terbuang dengan tujuan menangkap target yang paling dicari.

13. Hacker (2016)

16 Film Tentang Hacker Terbaik Paling Seru dan Keren Film
Di penghujung tahun 2016, hadir sebuah film hacker bank yang mengusung inti tema berupa kejahatan di dunia cyber. Hacker atau yang juga dikenal dengan judul Anonymous ini merupakan tontonan berdurasi yang mengeksekusi cerita dari skenario yang ditulis oleh Sanzhar Sultan dan Akan Satayev. Deretan nama aktor yang mengisi perannya dalam film hacker pembobol bank ini antara lain Callan McAuliffe, Lorraine Nicholson, dan Daniel Eric Gold.
Alex, remaja yang ahli dalam pemrograman komputer sekaligus imigran asal Ukraina harus membantu ekonomi keluarganya yang sedang tersendat dengan melakukan sejumlah pekerjaan ilegal di Internet. Dia tidak sendirian, ada Sye yang tak lain adalah sahabatnya dan Kira, hacker muda yang ternyata bekerja sebagai mata mata dari fbi, yang berniat membantu Alex dalam melakukan aksi pencurian identitas di instansi perbankan. Timbul kekacauan setelah ulah yang mereka lakukan hingga mengundang perhatian dari Z, pria bertopeng misterius yang ternyata adalah pimpinan kelompok penjahat. Z ini juga bukan sosok yang sembarangan karena dia adalah salah satu nama dalam daftar pencarian teratas FBI.

14. Untraceable (2008)

16 Film Tentang Hacker Terbaik Paling Seru dan Keren Film
Film ini bisa dikatakan sepenuhnya sebagai film bergenre hacker, karena di dalamnya juga terdapat adegan pembunuhan berantai oleh seorang misterius yang menjadi buronan FBI. Sosok tersebut bisa dibilang sebagai sosok psikopat. Bagaimana tidak, dia mengunggah “hasil kerjanya” ke alamat situs KillWithMe.com yang kemudian berubah ke alamat lain hingga sulit dan bahkan tak terlacak alias untreaceable.
Dua agen FBI yang bertindak menumpas kasus kejahatan di dunia maya, Jennifer Marsh (Diane Lane) dan Griffin Dowd (Colin Hanks), harus bekerja sama untuk mengungkap siapakah dalang di balik kejahatan tersebut. Dibantu dengan detektif Eric Box (Billy Burke), mereka terus berupaya untuk menghentikan kasus pembunuhan berantai tersebut yang pada akhirnya dia sendiri yang terancam dalam proses pembunuhan tersebut.

15. Mr. Robot (2015)

16 Film Tentang Hacker Terbaik Paling Seru dan Keren Film
Mr. Robot adalah film para hacker yang cerdas dan begitu mengerti tentang dunia hacking. Di dalamnya terdapat aksi-aksi meretas yang tampak gamblang dan kebenarannya bisa divalidasi lewat penjelasan. Film Mr. Robot sendiri menceritakan tentang pemuda bernama Elliot Alderson yang bekerja sebagai teknisi di perusahaan keamanan dunia maya bernama Allsafe.
Tidak ada yang mengetahui kalau Elliot yang tampak aneh ini ternyata menjadi seorang vigilante (menegakkan hukum dengan caranya sendiri) di malam hari, dia memberantas kejahatan dengan kemampuan hacking-nya. Suatu ketika, kemampuan Elliot mendapat sorotan dari sosok misterius bernama Mr. Robot yang kemudian mengajak Elliot bergabung dalam kawanan Hacker Fsociety. Kelompok hacker tersebut mempunyai misi utama untuk menghancurkan E-Corp yang ternyata menjadi salah satu klien terbesar di perusahaan tempat ia bekerja. Akankah Elliot bertanggung jawab dalam pekerjaannya atau justru menciderai kantornya sendiri dengan ikut serta dalam aksi menghancurkan E-Corp?

16. Boy 7 (2015)

16 Film Tentang Hacker Terbaik Paling Seru dan Keren Film
Dengan menyandingkan tiga genre sekaligus, Boy 7 yang disutradarai oleh Lourens Blok ini menjadi sebuah tontonan seru bagi Anda yang terobsesi dengan kegiatan hacking. Boy 7 yang berada di bawah naungan Lemming Film dan didistribusikan oleh A-Film Benelux MSD ini dilakoni oleh aktor dan aktris terkenal seperti Matthijs van de Sande Bakhuyzen, Tygo Gernandt, dan Ella June.
Boy 7 berpusat pada Sam, seseorang yang tengah lupa akan identitasnya setelah mendapatkan kesadarannya kembali. Terbangun di sebuah kereta, dia tidak tahu kenapa bisa berada di sana, mau ke mana dia pergi, dan bahkan tak tahu namanya sendiri. Hanya dengan bantuan yang terdapat di dalam ranselnya, perlahan tapi pasti Sam mulai mengetahui banyak hal dan menyadari bahwa hidupnya sedang berada di tengah ancaman bahaya yang besar.

17.Unfriended: Dark Web (2018)


Hasil gambar untuk Unfriended: Dark Web Trailer

Matias membuka laptop baru yang dia temukan di tempat sampah. Dia menemukan cache file rahasia di dalam laptop itu. Saat melakukan video call dengan teman-temannya, dia menemukan file-file yang aneh dan mengganggu. Mereka segera menemukan bahwa pemilik sebelumnya menyadari hal ini dan mengawasi mereka dan akan melakukan apa saja untuk mendapatkan laptop itu kembali
Itulah daftar film tentang hacker terbaik yang bisa IT Sekolahan rekomendasikan untuk Anda. Ketika melihat seorang hacker beraksi dengan kemampuannya, biasanya banyak orang yang terobsesi dan berkeinginan untuk menjadi salah satu di antara mereka. Oleh karena itu, bagi Anda yang mungkin terinspirasi dengan kisah para hacker tersebut, baik yang dibuat secara fiksi ataupun ada secara nyata, alangkah lebih baiknya untuk tidak terjebak oleh nafsu sesaat –untuk mengikuti rekam jejak kejahatan mereka- sebab banyak juga orang yang ahli dalam meretas justru bekerja di berbagai perusahaan ataupun instansi pemerintahan untuk membantu menjaga keamanan sistemnya.

Komentar

  1. 17 Film Tentang Hacker Dan Dark Web Terbaik >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    17 Film Tentang Hacker Dan Dark Web Terbaik >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    17 Film Tentang Hacker Dan Dark Web Terbaik >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK BH

    BalasHapus

Posting Komentar